Nabi-nabi Purba Umat Konghucu

Nabi Purba Ru Jiao/Khonghucu (01) – Nabi Baginda Fu Xi

Nabi Baginda Fu Xi 伏羲 2953 s.M. –2838 s.M.

 
Sheng Wang  聖 王 bermarga Feng 風 di wilayah Chen Zhou 陳州 (He Nan 河南).
 
Menerima wahyu He Tu 河 圖 (Peta dari sungai Huang He) yang berisi tanda-tanda Xian Tian Ba Gua先天八卦 yang berupa titik-titik yang melambangkan tanda Yin 陰 (negatif) dan Yang 陽 (positif) yang di kemudian hari dilukiskan dalam bentuk garis patah (–) dan garis utuh (—). 

Beliau mengajarkan orang menggunakan tali untuk mencatat, berburu dan menangkap ikan, menggunakan kulit binatang untuk pakaian serta membuat pasar untuk saling bertukar.
 

Nabi Purba Ru Jiao/Khonghucu (02) – Nu Wa

Nu Wa 女 媧

Adik perempuan Fu Xi / Bao Xi 包 羲bermarga Feng 風 
 
Beliau menjadi pembantu utama baginda Fu Xi didalam menetapkan undang-undang, khususnya hukum perkawinan dan tertib melakukan sembahyang dan ibadah. Beliau pun berhasil menyelamatkan dunia dari kebinasaan karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. 
 
Sejaman dengan beliau dikenal pula tokoh-tokoh lain seperti You Chao Shi 有 巢 氏 yang mengajarkan orang membangun tempat tinggal di atas pohon dan Sui Ren Shi  燧人氏 yang mengajarkan orang membuat pemetik untuk menyalakan api. Oleh peranan mereka, kebudayaan dan peradaban manusia kian berkembang. 
 
 

Nabi Purba Ru Jiao/Khonghucu (03) – Nabi Baginda Shen Nong

Nabi Baginda Shen Nong 神 農 2838 s.M. – 2718 s.M.
 
Bermarga Jiang 姜 ibunya bergelar Ren Si 任 姒. 
 
Beliau mengajarkan cara membuat Luku dan Garu, bercocok tanam dan beternak. Beliau juga mengajarkan cara memanfaatkan api untuk memasak dan sebagainya, maka beliau juga disebut Yan Di 炎 帝. Peradaban pada waktu itu, telah beralih dari jaman masyarakat yang nomad yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap, berkelana dari suatu tempat ke tempat lain menjadi mulai bercocok tanam dan menetap. 
Shen Nong pun membuat peraturan untuk menanggulangi pelestarian lingkungan. Shen Nong juga menemukan berbagai macam tanaman obat-obatan, yang bahkan sampai menelan korban jiwanya sendiri, ketika ia mencoba sebuah tanaman yang beracun.
 
 
 Nabi Purba Ru Jiao/Khonghucu (04) – Nabi Baginda Huang Di
Nabi Baginda Huang Di 黃 帝 2698 s.M. – 2598 s.M. 
 
Sheng Wang dari kaum Xuan Yuan 軒 轅 ibunya bernama Fu Bao 附 寶. 
 
Beliau menerima wahyu Lu Tu 籙 圖 (Peta Wahyu) setelah mengembara di sekitar sungai He Luo 河 洛 dan menitahkan Ying Long 應 龍 membunuh Chi You 蚩 尤 dari kaum Yan Di 炎 帝 yang memberontak. 
 
Beliau menjadi pembangun peradaban di Tiongkok seperti tentang astronomi, sawah dengan system sumur (Jing 井), tatabusana untuk tanda peringkat jabatan, nama-nama hari bulan dan tahun, hukum dan tata pemerintahan serta undang-undang, kitab ilmu kedokteran, dan lainnya.  
 
 

Nabi Purba Ru Jiao/Khonghucu (05) – Lei Zu

Lei Zu 嫘 祖 

Puteri dari Xi Ling西 陵, istri Huang Di.
Penemu cara pembudidayaan ulat sutera dan banyak membantu baginda Huang Di merencanakan tata busana untuk para pejabatnya. 
Mempunyai 25 orang anak, yang pertama bernama Xuan Xiao     玄 囂 bergelar Qing Yang 青 陽 yang menurunkan baginda Shao Hao 少 昊yang melanjutkan kedudukan Huang Di; anak kedua bernama Chang Yi 昌 意; cicit baginda Chang Yi menjadi baginda Zhuan Xu 顓 頊 dan dua belas putera yang lain masing-masing juga menjadi nenek moyang berbagai marga di Tiongkok.
 
 
selengkapnya kunjungi alamat:
 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s